Tuesday, June 9, 2015

MIE ALA NIRA

Senin tanggal 8 Juni 2015
Selamat Sore di hari Senin yang panas ini, (kalok digresik selalu panas sihhh).
Maaf ya yang sudah menunggu resep mie buatan saya yang ala kadarnya alias ngarang mengarang, tapi di jamin ga kalah enak kok sama mie goreng yang biasa di jual di restoran syahhhhh... hahhaha. Saya punya mie langganan yang enakkkkk bingits di daerah Malang sana namanya"MIE LAMIAN". Tiap kali saya ke malang hampir tidak pernah absen untuk membeli mie lamian (kalok ada uang lebih sih hehehe), terus karena terobsesi banget sama rasanya yang endesss itu akhirnya saya mengarang indah deh bereksperimen berharap hasil eksperimen saya akan sama enaknya dan menyaingi mie lamian, ya setidaknya kalok saya lagi ngidam mie lamian saya g perlu jauh jauh harus minggat ke Malang lah, dan akhirnya bim salabim jadilah resep mie ala Nira. Bukannya rasanya sama tapi malah beda jauh tapi tetep enak kok tenang sajah...



MIE ALA NIRA

BAHAN:


1 bungkus mie (mienya bisa pakek mie telur yang harganya 2 ribuan itu)

Bumbu yang di haluskan:
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
5 cabe rawit (kalok suka pedas)
2 buah cabe besar

1/4 bawang bombai cincang halus
1/4 ayam bagian dada (potong kecil2)
3 butir jamur kancing
1 batang sayur kailan
1/2 kotak tahu ukuran besar
1 buah wortel
1 batang daun bawang
gula sedikit
garam secukupnya
merica secukupnya

2 daun jeruk
1 daun salam
tepung jagung
air
minyak untuk menumis

CARA:
1. Rebus  mie lalu tiriskan
2. panaskan minyak di wajan, tumis bawang bombai lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan
3. masukkan ayam lalu beri air, masukkan gula, garam, daun jeruk, daun salam dan merica tutup sebentar
4. masukkan wortel tunggu sebentar lalu masukkan jamur dan tahu
5. setelah itu larutkan 1 sdm tepung jagung ke dalam secangkir gelas lalu  masukkan ke dalam tumisan
6. masukkan sayur kailan yang sudah di potong, aduk tunggu airnya berubah menjadi bening dan mendidih lalu matikan kompor.
7. Ambil mie yang sudah di rebus ke dalam mamngkuk lalu siram dengan kuah tadi taburi dengan daun bawang lalu siap untuk di hidangkan
*kalok suka pedah mau di tambah sama irisan cabe rawit juga boleh seperti di gambar itu tuhh

SELAMAT MENIKMATI....NYAM-NYAM....

No comments:

Post a Comment