Tuesday, May 26, 2015

Tofu Kuah Jamur Teriyaki

Tanggal 26 Mei 2015
Selamat malam... ini adalah pengalaman pertama saya menulis diblog. Awalnya saya tidak pernah terpikir untuk membuat blog tapi karena suami sering melihat saya melakukan hobi (membuat craft, mendekor rumah, memasak, melukis sepatu, menggambar, mendesain dll) dan, yang kedua karena banyak pertanyaan yang muncul ketika saya mengunggah foto-foto makanan di IG, FB, dan BBM. Banyak teman-teman yang menanyakan soal resep masakan yang saya buat, dari pada saya harus membalas satu persatu, sepertinya lebih enak jika hanya meberikan link blog saya deh..*males ngetik ulang ceritanya hehehhe.Yang ingin saya tulis pertama disini soal resep dulu yah soalnya udah banyak yang nanyak resep sok idih ya saya padahal resepnya sebagian hasil ngawur buahakakakkakakak :p *asal enak coyyyyy...

TOFU KUAH JAMUR TERIYAKI
Tofu atau tahu, kata orang-orang sih tofu nama lain dari tahu tahu, tofu adalah bahasa jepangnya tahu, tapi kalok menuruit saya mereka berdua beda (maksud saya tofu dan tahu hehe), kalok tahu lebik keras dan pori-porinya agak sedikit lebih besar sedangkan tofu lebih lembut, tofu bisa dibeli di supermarket terdekat, biasanya berbentuk bulat dan panjang.


Resep

1 bungkus tahu/tofu
2 butir jamur kancing (iris tipis)
3 siung bawang putih (cincang halus)
1/2 bawang bombai (di iris tipis)
1 batang daun bawang (iris tipis)
1 sdm tepung jagung
2 sdm saus teriyaki (bisa pakai merk apa saja)
1/4 sdm merica bubuk
2 sdm minyak untuk menumis
Sedikit lada hitam (jangan terlalu banyak karena sudah memakai lada putih, saya memakai lada hitam hanyak untuk menguatkan aroma)
Gula secukupnya (jangan terlalu banyak karena saus teriyaki sudah terasa manis)
Garam secukupnya
Air

Cara Memasak

1 Kukus terlebih dahulu tahu/tofu lalu potong-potong, untuk memudahkan saat disajikan.
2. Panaskan minyak, tumis bawang putih, bombai, sampai harum. masukkan jamur lalu tambahkan garam,     gula , merica, lada hitam aduk sebentar, lalu tambahkan saus teriyaki, terahir larutkan tepung jagung kedalam segelas air lalu tuangkan dan aduk hingga mengental.
3. Tata tahu/tofu yang sudah dikukus di atas piring, siram dengan saus jamur teriyaki.
4. Terahir taburkan daun bawang diatasnya dan siap untuk dihidangkan.


No comments:

Post a Comment